Senin, 15 Juni 2015

Perintisan Pondok Pesantren Mahasiswa Al Kautsar

Seiring meningkatnya jumlah mahasiswa yang menimba ilmu di Kota Purwokerto maka semakin membutuhkan sarana prasarana untuk mengembangkan kemampuan mereka. Selain gedung kampus sebagai tempat belajar secara langsung juga diperlukan sarana yang lain. Hal ini mendorong DPD LDII Kota Purwokerto untuk mendirikan Pondok Pesantren Mahasiswa (PPM) Al Kautsar untuk
mewadahi para mahasiswa yang ingin menambah wawasan agama.

PPM Al Kautsar memulai kegiatan belajar mengajar sejak Tahun Ajaran 2014. Kegiatan belajar mengajar mengacu pada kurikulum Pondok Pesantren Mahasiswa. Pembina PPM, Drs. Heri Nuryanto mengatakan “Di harapkan dalam jangka waktu dua tahun para santriwan santriwati mampu mengkhatamkan tafsir Kitab Al Quran dan Al Hadist serta memiliki bekal untuk menjadi seorang da’i”. Kegiatan pembelajaran belangsung setiap pagi selepas Shalat Subuh dan malam setelah Shalat Isya’ atau menyesuaikan dengan waktu kuliah para santri. Pada tahun ajaran pertama PPM Al Kautsar memiliki santri berjumlah 30 orang yang semuanya adalah mahasiswa.

Selain belajar ilmu agama, juga terdapat kegiatan lain seperti outbond, malam keakraban, sepakbola, dan lain-lain. Untuk mewadahi kegiatan para santri dalam waktu dekat PPM akan membangun gedung baru yang akan di lengakapi dengan sarana-sarana pendukung yang lain. PPM Al Kautsar yang terletak di Sumampir, Purwokerto Utara sangat strategis karena berdekatan dengan Univesitas Jenderal Soedirman, STMIK Amikom, BSI, UMP dan lain-lain.

Menjelang tahun ajaran 2015 PPM Al Kautsar Purwokerto membuka pendaftaran santri baru. Bagi Anda yang berminat bisa menghubungi Pengurus PPM Al Kautsar : H. Masran (0816692212), Drs. Heri Nuryanto (085647660465).


Santri PPM Al Kautsar Purwokerto